Thursday, 16 February 2017 02:35

Hamilul Qur’an Penghafal Quran Kampus NF

Written by  Kuati Septiani Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

Pada tahun 2025 mendatang, STT Terpadu Nurul Fikri atau STT NF bercita-cita ingin menjadikannya, kampus yang unggul di Indonesia, berbudaya inovasi, berjiwa technopreneur serta berkarakter religius.

Pencapaian visi tersebut tidak serta merta terlaksana tanpa adanya dukungan dari kampus, serta tersedianya wadah bagi mahasiswa untuk mengaspirasikan ide dan mengapresiasikan kreatifitas mereka. Terlihat dari beberapa tahun terakhir ini, banyak prestasi diraih oleh mahasiswa, baik dari segi akademis maupun non-akademis. Artinya, kampus dengan sangat baik memfasilitasi dan memberikan dukungan penuh kepada mahasiswanya untuk terus meraih prestasi sesuai minat mereka.

Organisasi serta IT Club yang ada di STT NF ini, merupakan salah satu cara mahasiswa untuk menyuarakan ide-ide yang nantinya akan terealisasi dalam berbagai event kampus, mahasiswa juga dapat mengkaji hal-hal bermanfaat yang tidak diajarkan dalam mata kuliah, serta memberi ruang kepada mahasiswa untuk dapat mengasah skill melalui club-club IT tersebut.

Tahun 2017 ini, telah lahir sebuah komunitas baru, yang mana berbeda dari club-club IT sebelumnya, dikarenakan komunitas tersebut tidak mempelajari tentang teknologi, melainkan mewadahi mahasiswa untuk berkesempatan menjadi penghafal Al-Qur’an. Komunitas ini pertama kali digagas pada tanggal 22 Oktober 2016 lalu, namun baru dapat terealisasi pada tahun ini. Diantara penggagasnya merupakan seorang hafidz qur’an, yakni Nendi Ilham Munanda Tampubolon (TI 2016), Fahmi Muhammad Husaini (TI 2016), serta Abdul Aziz Anwar (SI 2016). Komunitas yang diberi nama “Hamilul Qur’an” itu, telah launching pada Sabtu, 11 Februari 2017 bersamaan dengan kuliah umum yang diadakan di auditorium STT NF lalu.

Quran

Adapun Visi Hamilul Qur’an ialah terwujudnya mahasiswa STT Terpadu Nurul Fikri sebagai ahlul qur’an. Sedangkan Misi Hamilul Qur’an, diantaranya :

  1. Menjadikan ayat Al-Qur’an sebagai bacaan sehari-hari
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an
  3. Menjaga semangat mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an

Hamilul Qur’an memiliki program harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Diantara program harian ada kegiatan Tahsin serta Tahfidz. Tahsin sendiri memiliki mentor yang kualitas bacaannya bagus, dimana mentor tersebut diambil dari mahasiswa STT NF yang tergabung dalam Komunitas Hamilul Qur’an ini. Sedangkan sistem pada tahsin akan dilakukan hal-hal seperti berikut ini :

  1. Membaca Al-Qur’an minimal 2 halaman perhari secara individu
  2. Melanjutkan bacaan Al-Qur’an harian di depan mentor sebanyak ½ halaman
  3. Melakukan tahsin kepada mentor minimal 3x seminggu
  4. Mutobaah per-orang

Adapun sitem pada tahfidz, diantaranya sebagai berikut :

  1. 1 huffadz untuk 1 teman merojaah
  2. Merojaah minimal ½ halaman perhari
  3. Teknis setoran merojaah :

    Senin s/d kamis, ½ halaman

    Jumat, menyetorkan setoran pada senin s/d kamis sebelumnya

    Iqob bagi yang tidak menyetorkan hafalan, yaitu menambah 2 baris pada point ke-5

  1. Pasangan disesuaikan dengan kualitas bacaan dan kuantitas hafalan
  2. Menyetorkan hafalan baru minimal 1 baris perhari*
  3. 2 Mutobaah**

Keterangan :

* Akan ditambah menyesuaikan pribadi

** 1 Mutobaah untuk ketua divisi dan 1 untuk pasangan tahfidz

Selain program harian, ada juga program EMOT (Evaluasi, Motivasi, belajar Tajwid), yang mana akan dilakukan setiap pekan secara bergantian agar mahasiswa tidak bosan. Dan supaya tidak terasa monoton, Hamilul Qur’an ini akan diselingi dengan nobar, serta merojaah on Rest Area. Bahkan Hamilul Qur’an juga memiliki program talkshow, yang mana di dalam event tersebut, mahasiswa akan diberikan motivasi menghafal Al-Qur’an. Namun, karena baru akan berlangsung, tidak menuntup kemungkinan jika sistem tersebut akan mengalami perubahan, seperti penambahan ataupun perbaikan pada sistem yang telah dibuat ini.          

Dalam pelaksanaannya, Hamilul Qur’an telah mimiliki struktur kepengurusan, yang ditugaskan kepada mahasiswa STT NF itu sendiri, yakni sebagai berikut :

  1. Ketua : Nendi Ilham Munanda Tampubolon (TI 2016)
  2. Wakil Ketua 1 : Abdul Aziz Anwar (SI 2016)
  3. Wakil Ketua 2 : Rizka Amalia Apriliani (SI 2016)
  4. Sekretaris : Chairin Nashrillah (SI 2016)
  5. Bendahara : Fahmi Muhammad Husaini (TI 2016)           

Dengan adanya Komunitas “Hamilul Qur’an” diharapkan dapat memberi kemudahan kepada mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu, dengan tercapainya visi dan misi Hamilul Qur’an tersebut, maka salah satu misi STT NF, yang mana ingin menjadikan kampusnya berjiwa religius pun otomatis akan tercapai juga.

Lihat video Hamilul Qur’an di link berikut ini https://youtu.be/LPa8cWXP9tc

Read 907 times Last modified on Thursday, 16 February 2017 02:58