Pendiri dan Pengurus

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

photo 2018 05 07 11 30 07 

ORGANISASI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TERPADU NURUL FIKRI
Ketua : Lukman Rosyidi, S.T., M.M., M.T.
Wakil Ketua I : Sirojul Munir, S.Si, M.Kom.
Wakil Ketua II : Henry Saptono, S.Si., M.Kom.

Wakil Ketua III

:

Bachtiar Firdaus, ST., MPP.

LPMI : Suhendi, ST.,MMSI.

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

mikrotik

MikroTik Academy sebuah program yang disiapkan untuk jalur pendidikan dikhususkan program ini untuk mahasiswa-mahasiswi aktif Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STTNF). Tujuannya agar mahasiswa/i STTNF dapat mengadopsi kurikulum MTCNA kedalam kegiatan belajar mengajar dan memberi nilai tambah. Adapun level-level dari MikroTik Academy diantaranya, level Basic  MTCNA  dan satu Level Advance/expert (MTCRE/ MTCWE/ MTCTCE/ MTCUME/ MTCINE).

photo 2018 09 14 13 59 20

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

V I S I

"Pada tahun 2025 menjadi sekolah tinggi teknologi yang unggul di Indonesia, berbudaya inovasi, berjiwa teknopreneur, dan berkarakter religius."

M I S I

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas yang mengembangkan jiwa kepemimpinan dan teknopreneurship berlandaskan iman dan takwa.
  2. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan teknologi masa depan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
  4. Membangun lingkungan akademik yang kondusif bagi terwujudnya kebebasan akademik, otonomi keilmuan, dan budaya inovasi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana yang kompeten, profesional, berakhlak mulia,sehingga mampu berkompetisi di dunia kerja.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dibidang teknologi informasi berwawasan masa depan yang inovatif dan bercirikan keterbukaan (openness) seperti open source, open standar dan open access/content, sehingga bermanfaat bagi bangsa Indonesia dan diakui secara internasional.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna bagi masyarakat dengan melibatkan sivitas akademika.
  4. Menciptakan kultur akademik yang inovatif, kompetitif dan kondusif untuk mewujudkan institusi yang unggul dan terkemuka.

Penilaian: 4 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (populer disebut STT NF) merupakan perguruan tinggi yang memadukan keilmuan praktis di bidang teknologi informasi dengan pengembangan kepribadian islami.

Pada tahun 2012, STT NF resmi berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 269/E/O/2012. Salah satu tujuan berdirinya STT NF adalah “Mencetak Sarjana komputer berakhlak mulia, profesional, dan bersertifikasi TI”. Tujuan itu untuk memenuhi kebutuhan sarjana teknologi informasi di tengah masyarakat, dengan konsisten mengusung nilai-nilai profesionalisme dan keislaman.

Setelah berjalan dua tahun, tepatnya pada 2014, program studi yang dikelola STT NF yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika berhasil mendapatkan akreditasi BAN-PT, berdasarkan SK Nomor 483/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 dan 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014.

Pada September 2016, STT NF meluluskan 37 orang mahasiswa angkatan pertama tahun 2012. Alhamdulillah, seluruh alumni (100 persen) terserap oleh pasar kerja. Sebagian mahasiswa STT NF ada yang sukses dalam dunia akademik, sambil bekerja sesuai dengan keahliannya, atau membangun start up (bisnis pemula) sesuai minat dan potensinya di dunia TI.

Tonggak sejarah STT NF bisa dilacak hingga tahun 1985, tatkala berdiri Yayasan Nurul Fikri dengan unit bisnis Bimbingan dan Konsultasi Belajar (BKB). Selanjutnya, dibentuk divisi pendidikan komputer pada tahun 1994 dengan nama Nurul Fikri Computer & Statistics (NCS) atau disebut juga NF Computer. Sejak tahun 1998 NF Computer mulai menyelenggarakan Pelatihan Linux dan Open Source pertama di Indonesia.

Sejak tahun 2000, NF Computer menjadi independen dan bertransformasi jadi Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Nurul Fikri. Kemudian berganti nama menjadi LP3T Nurul Fikri, yang menyelenggarakan pelatihan komputer dan pendidikan setara D1 dan D2. Semua program itu terakreditasi pada BAN-PNF Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berdasarkan SK Nomor KOM/3276 00006/ 09/ 2009.

STT NF ikut serta dalam pengembangan perguruan tinggi untuk menghasilkan sarjana terpadu. Sarjana terpadu dalam aspek profesional, karena lulusan STT NF selain memperoleh ijazah, juga mengantongi sertifikasi TI secara nasional maupun internasional. Sertifikasi itu merupakan bentuk pengakuan terhadap kompetensi TI yang dimiliki mahasiswa. Sertifikat itu juga menunjukkan bahwa alumni STT NF merupakan profesional yang siap mengabdikan ilmu dan keterampilannya di masyarakat.

Sarjana terpadu dalam hal penguasaan khazanah sains dan teknologi seiring dengan pembinaan kepribadian yang berintegritas, kreatif dan inovatif. STT NF bertekad melahirkan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia. Mata kuliah keislaman dipadukan dengan kepemimpinan dan kewirausahaan pada setiap semester. Setiap mahasiswa STT NF dididik untuk membentuk karakter positif: novelty, integrity, care and excellence (NICE). Yakni, sosok yang berupaya menghasilkan karya unik dan kreatif, jujur dan berkomitmen tinggi, peduli dengan kondisi lingkungan, dan bekerja keras untuk mencapai prestasi terbaik.

Tabel Historis STT Terpadu Nurul FIkri

 No.  Tahun  Peristiwa
1 1985 Berdiri Yayasan Nurul Fikri dengan unit bisnis pertama adalah Bimbingan dan Konsultasi Belajar(BKB)
2 1994 Berdiri Unit Nurul Fikri Computer & Statistics (NCS)
3 1998 Awal Menyelenggarakan Pelatihan Komputer Linux& Open Source pertama di Indonesia
4 2002 Unit LP3 yang menyelenggarakan pendidikan setara D1 dan D2 (sebelumnya bernama NCS) dengan sertifikat terakreditasi oleh BAN-PNF
5 2012 Berdiri STT NF dengan 2 program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika
6 2014 2 Program Studi STT NF mendapatkan Akreditasi BAN-PT
7 2016 Wisuda angkatan pertama STT NF. Semua alumni ditampung di bursa kerja
8 2017 Wisuda angkatan kedua STT NF. Semua alumni 100 persen sudah bekerja

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

photo 2018 09 18 14 01 31

 

warsito 03Dr. Warsito P Taruno

Ketua Dewan Pembina Yayasan STT-NF
Pakar Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) Alat Pembasmi Kanker


Suharna

 

 

 

Drs. Suharna Surapranata, M.T.

Pembina Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI)
Menristek RI Periode 2009-2011


ustad-musoli

 

 

 

Drs. Musholli
Pendiri Sekolah Islam Terpadu, Rumah Kepemimpinan,

serta Penerima Penghargaan Dompet Dhuafa Awards 2012


fahmy alaydroes

 

 

 

Dr. Fahmy Alaydroes, Psi., M.M., M.Ed.
Ketua Umum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia


Rudi 03

Dr. Rudi Lumanto

Ketua Yayasan Profesi Terpadu Nurul Fikri
Ahli Sistem Keamanan Cyber Nasional