Rabu, 11 Juli 2018 17:09

Teknologi Hologram 3D, Era Baru Perkembangan Teknolgi

Written by  dian purnama
Rate this item
(0 votes)

Apa kamu salah satu peggemar film avenger? Atau anda maniak film marvel lainnya seperti iron man dan sebagainya ? memang salah satu studio film ini selalu memproduksi film – film tentang super hero disertai teknologi canggih, salah satu yang paling terkenal adalah Iron Man dengan teknologi serba canggihnya. Salah satu yang paling mencolok dari film ini adalah teknologi hologram 3D dimana tampilan digital diproyeksikan dalam bentuk hologram yang bisa disentuh dan eksekusi.

Berbicara mengenai teknologi hologram 3D, yang terlintas dalam pikiran kita hal tersebut hanya ada di film – film dan tidak ada di dunia nyata. Faktanya Ilmuwan dari Universitas Arizona telah mengembangkan sebuah teknologi di mana satu hari dapat digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar dalam bentuk holografik. Menurut salah satu ilmuwan Nasser Peyghambarian, optik Hologram akan menawarkan aplikasi masa depan dalam pengobatan dan manufaktur serta dalam industri hiburan. Tim peneliti dari Universitas Arizona telah mengumumkan bahwa mereka berhasil mengembangkan gerakan tercepat hologram 3D.

Nasser Peyghambarian adalah salah satu ilmuan yang menemukan Teknologi 3D Hologram ini. Beliau mengatakan bahwa”Teknologi seperti komunikasi langsung dengan hologram tampaknya hanya ada di film. Dan kami adalah para ilmuwan mencoba untuk membawanya keluar ke dunia nyata, “katanya, seperti dilansir Alam. “Tapi sekarang kita telah menunjukkan bahwa menciptakan hologram yang dinamis ukuran dan resolusi seperti dalam film akan menjadi sebuah kenyataan,” tambahnya.

Sebenarnya penerapan teknologi ini telah kita rasakan bersama, conntohnya adalah ketika kita menonton film 3D di bioskop menggunakan kacamata 3D yang ditambahkan efek cahaya. Hanya saya kacamata ini Cuma memproyeksikan gambar dengan bantuan efek cahaya, contoh lainnya adalah produk dari google yaitu google hololens. Google hololens adalah sebuah kacamata AR yang memproyeksikan tampilan digital ada layar kaca mata dengan efek 3D sehingga terkesan tampilan tersebut berada pada ruang nyata.

Tak heran jika beberapa tahun lagi teknologi ini akan mulai dipakai dalam kehidupan sehari – hari. Bukan hanya pada bidang teknologi saja, tapi juga pada bidang kedokteran, hiburan, dan bidang lainnya juga pasti akan terpengaruh. Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, tinggal menunggu hari saja untuk merasakan teknologi tersebut.

Read 803 times Last modified on Jumat, 13 Juli 2018 07:08