Senin, 02 April 2018 04:11

Li-fi siap atasi kebutuhan masalah internet lelet

Written by  dian purnama
Rate this item
(0 votes)

Di zaman modern ini tekhnologi menjadi kebutuhan pokok hampir di segala aspek kehidupan. Mulai dari pekerjaan, bisnis sampai hiburan semuanya menggunakan tekhnologi. Tentu saja internet menjadi faktor penting dalam kemajuan tekhnologi ini.

Internet mempengaruhi hampir disegala lini kehidupan terutama dibidang informasi dan telekomunikasi. Semakin maju tekhnologi, maka semakin cepat pula penyebaran informasi. Sedikit saja kita telat mendapat informasi maka akan ketinggalan berbagai keuntungan terutama bagi pembisnis, kecepatan informasi sangat mempengaruhi kemajuan industrinya.

Mengingat sangat pentingnya kecepatan internet husunya dibidang informasi dan komunikasi, maka penyedia layanan internetpun harus terus mengoptimalkan layanannya. Tapi terkadang dari sekian banyak alat layanan penyedia internet, masih dirasa kurang dalam hal kecepatan. Salah satunya adalah Wifi, hingga saat ini kecepatan Wifi hanya sampai 10 Gbps (Giga bite per second). Hal itu masih dirasa kurang dalam hal kecepatan internet, karna kebutuhan internet yang sangat tinggi maka penyedia layanan internet terus meng upgrade dan berinovasi untuk menyediakan layanan internet yang dapat meenuhi kebutuhan klien nya.Karena permasalahan tersebut maka terlahirlah tekhnologi baru bernama Li-fi.

Apa itu Lifi ? Li-fi adalah sebuah jaringan nirkabel untuk system komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Li-fi itu sendiri akronim dari Light Fidelity. Tekhnologi ini tidak lagi memakai frekuensi radio konvensional pada Wi-fi. Tekhnologi Li-fi ini bisa bisa mentransfer data hingga 100 Gbps (Giga bite per second). Tekhnologi ini telah sukses didemonstrasikan pada sepasang smartphone Casio di Consumer Electronic Show tahun 2012 di Las Vegas. (sumber : https://www.maxmanroe.com/apa-itu-li-fi-teknologi-yang-digadang-gadang-menggantikan-wi-fi.html )

Mengapa Li-fi begitu cepat ? Li-fi memiliki kecepatan data berkali – kali lipat dari Wi-fi karena jenis memanfaatkan lapu LED sebagai medianya. LED merupakan semikonduktor yang mempunyai sifat berbeda dari jenis lampu lain. Perbedaan yang signifikan adalah LED mampu untuk beralih on dan off dalam beberapa nanodetik. Nanodetik ini jika dikonversikan dalam kecepatan data maka setara dengan 1 Gbps, dari hal itulah alasan mengapa Li-fi bisa mempunyai kecepatan 100 Gbps. Tentu saja hal ini menjadi berita gembira bagi para pengguna internet. Selain kebutuhan internet tercukupi juga sangat aman bagi kesehatan karena Li-fi tidak menggunakan gelombang radio yang artinnya radiasi yang ditimbulkan sangatlah kecil. Selain dari itu masih banyak keuntungan lain menggunakan Li-fi ini.

Li-fi adalah jawaban dari berbagai masalah kebutuhan internet anda. Meskipun Li-fi mempunyai kecepatan yang sangat tinggi, tapi tidak tutup kemungkinan akan ada tekhnologi baru yang lebih canggih dan tentunya lebih cepat lagi. So what next ?

Read 792 times Last modified on Senin, 02 April 2018 04:14