Wednesday, 22 February 2017 03:30

Langkah-langkah Menjadi Web Developer

Written by  Chairin Nashrillah Mahasiswi STT NF
Rate this item
(1 Vote)

Tentu anda sudah mengenal apa web itu?. Namun mungkin ada yang belum mengerti bagaimana sih membuat web tersebut. Apa yang harus dipelajari untuk menjadi web developer, dan bagaimana untuk hidup dari profesi web developer. Saya mencoba membuat daftar langkah-langkah yang dapat anda tempuh untuk menjadi seorang web developer berdasarkan pengalaman saya sebagai web developer.

Langkah-langkah menjadi seorang web developer antara lain:

1. Pelajari Bahasa Pemrograman Web / Web Programming

a)HTML adalah bahasa untuk menciptakan tampilan web yang anda lihat di browser. HTML membangun struktur tampilan web seperti header, content, footer, menu., dan sebagainya.
b) CSS, inilah bahasa pelengkap HTML yaitu bahasa yang mengatur layout dan tampilan dari web tersebut misalnya warna background, tulisan, font, ukuran, dan sebagainya
c) Bahasa scripting web misalnya PHP, ASP, ColdFusion, Python, dan lainnya. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang akan kita gunakan untuk membangun aplikasi web. SQL, merupakan bahasa scripting database.
d) Javascript, bahasa scripting yang berjalan di browser.

2. Pelajari Dalam Mengolah Gambar

Karena dengan gambar maka kita dapat memberikan informasi lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan mendeskripsikan dalam text yang panjang. Cukup pelajari Adobe Photoshop atau Adobe Firework yang merupakan software paling umum untuk keperluan gambar web. Pelajari bagaimana membuat gambar seperti icon, background, pattern, dan gambar lainnya

3. Gunakan Framework

Framework merupakan sekumpulan fungsi dan library yang dapat memudahkan pemrograman.

4. Pelajarilah Konfigurasi Web Server

Konfigurasi web server kita dapat mengoptimalkan aplikasi kita, menambahkan fitur, serta dalam hal menjaga keamanan / security aplikasi atau website.

5. Pelajari Control Panel Hosting

Hosting merupakan storage online atau media penyimpanan online dimana file website kita akan disimpan dan dionlinekan.

6. Update Perkembangan Teknologi

Dengan kita selalu update perkembangan maka kita dapat mengembangkan aplikasi website. Karena aplikasi yang ketinggalan jaman akan ditinggalkan penggunanya juga.

7. Managing Project

Efektifitas dan efisiensi waktu, serta dapat menentukan kendala, penyelesaian, dan mengetahui waktu jadi aplikasi yang kita buat.

8. Pelajari Optimalisasi Aplikasi Website

Dengan pemrograman web yang baik, algortima atau pemecahan masalah yang efektif, update, upgrade, optimalisasi web server, serta optimalisasi database.

9. Selalu Mengexplore Kemampuan dan Mengasahnya

Dengan banyak latihan membuat aplikasi , dengan itu kita akan semakin mahir dan memiliki inovasi-inovasi yang baru.

10. Membuat suatu aplikasi yang dapat dijadikan produk atau layanan sebagai wujud kemampuan yang kita miliki

Produk dan layanan ini dapat anda jual sehingga anda dapat memperoleh hasil dari kemampuan anda dan menikmati hasilnya. Dibandingkan dengan mengerjakan proyek orang lain secara terus-terusan dan dibayar per-proyek tentu akan lebih baik bila anda mengerjakan 1 produk namun anda memperoleh hasil terus-terusan dengan syarat produk anda memiliki nilai jual yang baik.

Itulah langkah-langkah dasar untuk menjadi seorang web developer. Langkah diatas tidaklah cukup, hanya langkah dasar saja. Semoga daftar diatas dapat menjadi pembimbing untuk menjadikan anda web developer yang lebih baik lagi.

Harus terus belajar dan berlatih serta selalu menerima perkembangan yang ada agar kemampuan anda terus terasah.

Dapatkan Potongan Biaya Kuliah s.d 1 Juta di Gel 2 ( s.d 16 April 2017)
Daftar Sekarang klik http://pmb.nurulfikri.ac.id/

Read 706 times